Spesifikasi Oppo A15 Dan Harga Pasaran Terbaru 2021

Spesifikasi Oppo A15 Dan Harga Pasaran Terbaru 2021

esoft.web.id – Smartphone entry-level hanya untuk konsumen yang ingin menyelesaikan tugas sehari-hari dengan nyaman. Tidak perlu ada fungsi tambahan yang justru bertolak belakang dengan tujuan smartphone budget. Profil ini sangat cocok untuk produk OPPO di bulan Oktober 2020.

Spesifikasi Oppo A15 Dan Harga Pasaran Terbaru 2021

Harga dan Spesifikasi Oppo A15
Harga dan Spesifikasi Oppo A15

Harganya hanya Rp 1,4 juta, dan pemiliknya akan memiliki smartphone yang sempurna. Kualitas layar bagus, pengaturan kamera dapat diandalkan, masa pakai baterai di atas rata-rata, dan antarmuka perangkat lunak diminimalkan. Desain adalah kekuatan Oppo A15, dan desain smartphone sangat menarik, permukaan yang halus membedakan Oppo A15 dari smartphone murah lainnya.

Performa smartphone ini rata-rata. Satu-satunya chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio P35 dengan RAM 3GB LPDDR4x dan memori internal 32GB. Ini bukan angka tertinggi di pasar smartphone murah, tetapi juga bukan yang terburuk. Multitasking di HP Oppo A15 juga sepertinya terasa berat.

Selain performa, OPPO A15 merupakan smartphone murah yang sangat bagus, terutama bagi konsumen yang hanya membutuhkan smartphone untuk aktivitas yang tidak terlalu menuntut seperti media sosial atau menonton video YouTube.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A15

Kelebbihan dan Kekurrangan Oppo A15
Kelebbihan dan Kekurrangan Oppo A15

Kelebihan:

  • Desain adalah daya tarik utama dari OPPO A15 ini. Smartphone kelas menengah belum tentu bisa menyamainya.
  • Kamera yang andal dalam segala kondisi.
  • Oppo A15 memiliki Baterai yang lebih efisien.

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi dengan pengisian cepat, meskipun ini dapat dimengerti untuk smartphone satu jutaan.
  • Masih menggunakan port micro USB yang mana port ini mulai banyak ditinggalkan di smartphone keluaran terbaru.
  • Dengan smartphone yang sebanding, spesifikasinya bukan yang tertinggi.
  • Memiliki RAM kecil dan juga penyimpanan internal yang standart.

Desain OPPO A15

Desain Oppo A15
Desain Oppo A15

Dari segi desain tampilan, OPPO A15 menggunakan model tetesan air sebagai braket kamera depan, yang terlihat sama seperti biasanya. Namun, terlihat sangat stylish pada produk sejenis, apalagi jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Biasanya, OPPO entry-level hanya memilih warna agar terlihat menarik. Namun kali ini OPPO menggunakan desain yang stylish dan ringan yang sepertinya berasal dari seri Reno dengan bobot 175 gram dan tebal hanya 7,9 mm. Desain ini menjadi salah satu daya tarik OPPO A15. Bagian belakang sedikit melengkung dan permukaannya mengkilat, namun tidak mudah kotor oleh sidik jari pemakainya.

Pilihan warna Fancy White adalah salah satu warna favorit, karena ketika dimiringkan ke sudut tertentu, intensitas putih akan berubah. Meski tidak ada masalah dengan noda sidik jari, OPPO tetap memberikan soft case transparan pada kemasannya.

Memiliki LCD seluas 6,52 inchi dengan bingkainya yang relatif tipis, Anda tetap dapat melihat layar Oppo A15 dengan jelas meski di bawah terik matahari.

Tombol seperti tombol daya dan tombol volume terletak sejajar di sisi kanan perangkat, dan slot kartu SIM serta slot kartu microSD berada di sisi kiri.

Ada speaker, port micro USB, dan jack audio 3,5 mm di bagian bawah. Pada bagian kamera belakang berbentuk persegi dengan sudut lengkung di masing-masing sisi. Kameranya sendiri sudah dilengkapi dengan LED flash. Pada speaker, output mono di bagian bawah casing biasa-biasa saja, tetapi untuk ukuran smartphone low end, suaranya lumayan nyaring.

Layar OPPO A15

Layar Oppo A15
Layar Oppo A15

Dari segi layar, OPPO A15 tidak memiliki layar yang istimewa. Meski frame-nya sudah tipis, OPPO tetap mengandalkan desain tetesan airnya sebagai wadah kamera depannya. Panel memiliki kualitas yang cukup, dengan ukuran 6,52 inci, yang beresolusi HD+, serta screen-to-body ratio 88,7%.

Berkat panel IPS, layar Oppo A15 dapat memberikan kecerahan hingga 480 nits, yang cukup terang saat digunakan di luar ruangan. Reproduksi warna sangat baik, white balance akurat, dan tepi layar sedikit pudar, yang biasanya terlihat saat mengetik.

Jika kita ingin menambahkan perlindungan Gorilla Glass ke smartphone dengan harga terjangkau, itu akan berlebihan, tapi setidaknya OPPO telah memasang lapisan anti gores bawaan pada perangkat. Sayangnya, meski ukuran dan kualitasnya cocok untuk streaming Netflix, layarnya tidak kompatibel dengan standar Widevine L1.

Kamera OPPO A15

Kamera Oppo A15
Kamera Oppo A15

OPPO yang sering disebut sebagai produsen smartphone, dan kualitas kamera utama dan kamera depannya sangat bagus. OPPO A15 tidak terkecuali. Memiiliki pengaturan kamera A15 diatas rata-rata untuk model entry-level.

Memiliki tiga kamera di bagian belakang sebagai andalan, kamera utama A15 memiliki resolusi 13 MP dan aperture f / 2.2. Serta dua kamera lainnya yang berfungsi sebagai sensor makro dan sensor kedalaman, keduanya memiliki kualitas 2MP dan aperture f/2.4 yang sama. Kamera depan kini memiliki resolusi 8MP, aperture f/2.0, dan fungsi AI beautification. Kamera dapat membuat efek wajah alami secara real time.

 

Lensa utama memiliki rentang mode yang cukup luas. Dari mode potret ke mode malam, hingga fungsi yang hebat, Anda dapat meningkatkan saturasi warna sesuai kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan fotografi pemakainya. Ponsel ini juga dilengkapi dengan mode ahli, di mana Anda dapat mengatur ISO (100-6400) dan kecepatan rana (1/8000-16 detik).

Dalam foto, saturasi warna tampak alami, dan kualitas gambar terlalu tinggi bahkan dalam cahaya yang cukup. Gambar tidak memiliki detail yang kami inginkan, tetapi kami benar-benar tidak bisa berharap banyak dari lensa. Tingkat kamera telepon.

Mode potret itu sendiri cukup akurat untuk memisahkan subjek utama dari latar belakang, apakah itu orang atau subjek lain dalam foto. Gunakan mode potret ini untuk menghindari guncangan atau getaran kamera. Jika Anda tidak memegang perangkat, foto yang diperbesar akan tampak buram.

Mode malam bekerja dengan baik dalam cahaya redup. Foto yang diambil dalam mode malam terlihat sangat cerah, tetapi batasnya sedikit terpotong. OPPO mungkin melakukan ini untuk mengurangi getaran dan mempercepat proses perekaman.

Eksposur kamera depan terutama difokuskan pada wajah subjek, sehingga tidak jarang gambar latar belakang menjadi terlalu terang. OPPO melakukan ini agar wajah tidak tampak redup di bawah latar belakang yang cerah. Kamera depan juga sangat praktis.

Kualitas perekaman video ponsel ini cukup untuk memenuhi kebutuhan produk sejenis. Dapat merekam video hingga 1080p 30fps. Hal ini dilakukan tanpa stabilitas EIS. Bayangkan jika kamera ini dilengkapi dengan fungsi anti-shake, performanya akan lebih baik.

Baterai OPPO A15

Padahal, kapasitas baterainya bukan yang terbesar, 4230 mAh masih kurang dari 5000 mAh. Namun, kapasitas ini lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari. Dalam penggunaan normal, OPPO A15 dapat digunakan selama hampir dua hari dengan sekali pengisian daya. Dengan penggunaan yang lebih sering, baterai bisa bertahan seharian penuh. Dengan daya baterai yang relatif irit ini, OPPO mampu mengoptimalkan perangkat lunaknya untuk mencapai konsumsi daya terbaik.

Dalam keadaan darurat, ketika baterai hampir kosong dan pemilik tidak dapat mengisi daya, fungsi hemat energi dapat diaktifkan. Sebelum telepon dapat diisi, mode ini akan menghemat banyak uang. OPPO juga menyediakan fungsi pengisian daya malam yang dioptimalkan untuk mencegah ponsel mengisi daya terlalu lama atau mengisi daya semalaman.

Ada juga fungsi super night standby, yang dapat menghindari konsumsi daya yang berlebihan saat night standby, sehingga ponsel Anda tidak akan kehabisan daya keesokan harinya. Dari segi pengisian daya, OPPO hanya menyediakan pengisian daya 10W dan tidak mendukung pengisian cepat micro USB. Pengisian daya memakan waktu lama, sekitar tiga jam.

Performa OPPO A15

OPPO A15 dibekali dengan chipset octa-core MediaTek Helio P35 2,3 GHz, dilengkapi dengan RAM dan ROM 3 GB/32 GB. Jika Anda tidak memiliki ruang ROM yang cukup, tersedia juga slot yang dapat menampung kartu microSD hingga 256 GB. Formulir ini banyak digunakan di ponsel entry-level. Meski tidak spesifik, pelatihan ini sudah bisa digunakan untuk mendukung aktivitas pengguna sehari-hari seperti bersosialisasi dan hiburan.

Navigasi menu, aplikasi media sosial, dan hiburan tidak menjadi masalah untuk ponsel Oktober 2020 ini. OPPO A15 dapat dengan mudah melihat konten Instagram dan mengirim email. Video streaming di Youtube juga terlihat sangat halus dan menarik. Lebih penting lagi, ponsel ini sudah mendukung ukuran layar besar, menghadirkan pengalaman menonton terbaik.

Fitur Lainya OPPO A15

Antarmuka OPPO A15 masih merupakan ColorOS 7.2 yang lama. Ini mungkin karena A15 masih menggunakan Android 10 lama. ColorOS versi terbaru hanya mendukung versi Android terbaru yaitu Android 11. Meski Android versi lama masih digunakan, namun fungsinya tidak kalah dengan versi terbaru. Misalnya, menu tarik-turun ikon seluler dapat mengurangi pengaturan ikon beranda. Fitur ini memungkinkan pemiliknya untuk dengan mudah mengoperasikan dengan satu tangan.

Ponsel ini tidak memiliki terlalu banyak perangkat lunak kembung, sehingga baik untuk konsumen yang tidak membutuhkan berbagai kegunaan.

OPPO A15 memang bukan smartphone tercepat di kelasnya. Chipset MediaTek Helio P35 Octacore 2,3 GHz dan memori 3 GB LPDDR4x akan menyebabkan penundaan yang lama saat aplikasi diluncurkan untuk pertama kalinya. Pekerjaan ini membutuhkan tenaga yang sedikit lebih besar dari A15, terutama multitasking. Namun, performanya masih lebih tinggi dari rata-rata smartphone entry-level lainnya dengan chipset yang sama. Teknologi Hyper Boost 2.1 yang diperkenalkan oleh pabrikan juga dapat mendukung kinerja ini.

Performa multitasking biasanya sama dengan performa gaming. Chipset MediaTek ini tidak cocok untuk bermain game. Permainan kasual dapat ditangani dan suhunya normal. Untuk game yang lebih menuntut, pemilik dapat mengaktifkan mode performa tinggi di menu baterai, tetapi untuk game besar seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds, fitur ini belum tentu dapat diandalkan.

Menyediakan HP berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Fitur terpenting dari smartphone entry-level tidak diragukan lagi adalah harganya. OPPO A15 dibanderol dengan harga kurang dari 1,5 juta dan dianggap sebagai ponsel ultra-murah. Meski harganya terjangkau, kualitas yang ditawarkan jauh dari kata murah. Pesaing Anda dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti desain Anda. Desain glossy anti-fouling belum tentu merupakan paten ponsel entry-level lainnya, bahkan beberapa ponsel kelas menengah dengan desain glossy tidak dapat menyainginya.

Selain desainnya, kamera yang dilengkapi dengannya juga cukup bisa diandalkan. Beberapa mode membuat fotografi lebih menarik. Kapasitas baterainya tidak terlalu besar, tetapi lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari. Performa OPPO A15 sendiri bukanlah yang paling sulit, namun cukup untuk aplikasi media sosial dan aplikasi kasual lainnya. Dari segi harga, sulit untuk mendapatkan kualitas smartphone ini sebelum Oktober 2020.

You May Also Like