Hati-Hati, Berikut Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengecas Baterai HP

Tidak dipungkiri, keberadaan smartphone turut mempermudah kehidupan sehari-hari.  Yang awalnya hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan kerabat, sekarang HP juga beralih fungsi menjadi perangkat yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran,membantu pekerjaan, memesan moda transportasi, sampai hiburan seperti menonton film dan sebagainya.

Hal tersebut menjadikan HP nyaris tidak lepas dari genggaman karena perannya yang penting. Untuk itu, baterai menjadi penunjang utama dalam penggunaan HP. Di balik fiturnya yang semakin canggih, ternyata masih ada pengguna yang memiliki masalah dengan baterai smartphone-nya, misalnya baterai yang gampang habis atau kembung. Penyebabnya bukan semata-mata karena daya tahan baterai HP sendiri melainkan bisa disebabkan  oleh human error.

Kesalahan pertama saat mengecas baterai yaitu menunggunya sampai benar-benar kosong. Mengecas di antara 40% hingga 80% adalah kisaran yang direkomendasikan. Kebanyakan dari kita menunggu notifikasi hingga baterai benar-benar berwarna merah di angka 0%. Padahal itu akan memperpendek usia baterai.  Selanjutnya yaitu mengecas baterai sambil dimainkan. Seringkali kita merasa tidak sabar dan ingin menggunakan HP entah itu menyelesaikan pekerjaan atau sekedar menonton YouTube. Ini adalah kesalahan yang fatal, memainkan HP saat terhubung dengan charger membuat baterai rusak.

Siapa sangka, penggunaan powerbank untuk mengecas baterai smartphone juga membuat daya tahan baterai menjadi berkurang. Tidak seperti charger via listrik, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya yang stabil dan sesuai spesifikasi smartphone. Kebiasaan buruk yang lain seperti mencharge melalui laptop atau komputer juga menyebabkan daya tahan baterai menurun. Jadi, jangan terlalu sering mengisi baterai melalui perangkat tadi kecuali dalam keadaan terdesak.

Kesalahan berikutnya yaitu menggunakan kabel yang terlalu panjang. Memang sih, hal itu dilakukan agar kita dapat beraktifitas sembari menunggu baterai penuh. Tetapi sebenarnya semakin panjang kabel HP akan mengakibatkan daya mengalir dari sumber daya memberikan efek panas pada baterai. Oh iya, suhu ekstrem juga mempengaruhi cepat lambatnya pengisian baterai lho. Sebaiknya kamu mengecas baterai smartphone di ruangan yang bersuhu normal alias tidak terkena sinar matahari langsung atau dengan suhu AC yang terlalu dingin.

Ingat juga untuk tidak mengecas semalaman. Pasti kamu pernah melakukan hal ini, hayo ngaku? Biasanya kamu sengaja tidur dan meninggalkan HP dalam keadaan dicas agar ketika kamu bangun baterai sudah terisi penuh. Sebaiknya hindari kesalahan ini karena akan memperpendek usia baterai.

Terakhir, gunakan charger original yang berkualitas. Tentunya, perangkat ini sudah diuji oleh produsen smartphone sehingga aman digunakan. Sayangnya sebagian orang juga menggunakan yang palsu mengisi daya baterai. Meskipun awalnya bekerja dengan baik, namun lama kelamaan akan menurun kemampuannya yang justru bisa merusak HPmu.

Itu dia kesalahan yang sering dilakukan saat mengecas baterai smartphone. Setelah kamu membaca artikel ini, pastikan untuk tidak mengulangi kesalahan seperti di atas ya, agar baterai HPmu tetap awet dan tidak cepat habis.

Previous Post

No more post

You May Also Like