Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Android

Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP – Smartphone android sudah bukan menjadi perangkat elektronik yang langka saat ini. Hampir semua orang pasti memilikinya, di mana sebagian besar dari mereka tidak bisa terlepas dari perangkat elektronik modern tersebut. Selain karena fungsinya yang beragam, HP android juga bisa menjadi sarana hiburan tersendiri bagi penggunanya.

Di android pengguna bebas menginstal aplikasi apa pun di dalamnya. Aplikasi ini bisa ditemukan dan diunduh langsung dari Google Chrome yang merupakan gudangnya aplikasi android. Berbicara mengenai aplikasi android, terkadang beberapa aplikasi mengalami error saat digunakan. Salah satunya yakni aplikasi yang sering keluar dengan sendirinya alias force close. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi aplikasi keluar sendiri di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Android

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab aplikasi keluar sendiri di HP android tersebut. Faktor ini sendiri bisa dari kesalahan pengguna dan juga kesalahan atau error pada sistem android itu sendiri. Namun, yang terpenting di sini adalah bagaimana cara untuk mengatasi masalah error aplikasi tersebut.

Adapun langkah-langkah untuk mengatasi aplikasi keluar sendiri di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi aplikasi android sering keluar sendiri yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Melakukan restart HP android akan membantu mengatasi berbagai masalah error ringan pada perangkat tersebut, termasuk juga masalah aplikasi yang sering force close.

Tidak hanya itu saja, merestart HP android juga akan mempercepat performa kinerjanya. Ini karena file cache yang tersimpan di RAM akan dihapus secara permanen. Kita tahu fungsi RAM pada android salah satunya untuk membantu mempercepat performa kinerja HP android. Saat RAM dalam keadaan kosong, tentunya ia akan mampu menjalankan fungsi tersebut dengan lebih maksimal.

2. Menghapus File Cache Aplikasi

Selain cara di atas, alternatif lainnya untuk mengatasi masalah aplikasi keluar sendiri yakni dengan melakukan penghapusan cache pada aplikasi yang error tersebut. Meskipun berguna untuk mempercepat loading saat di aplikasi dibuka, namun file cache yang menumpuk dalam waktu lama bisa menyebabkan aplikasi error.

Sangat mudah untuk menghapus file cache pada aplikasi android yang sering keluar sendiri tersebut, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Pengaturan di android.
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang error keluar sendiri tadi.
  • Kemudian klik pada opsi Penyimpanan.
  • Selanjutnya klik tombol Hapus Cache.

3. Menghapus File Data Aplikasi

Selain menghapus file cache, Anda juga bisa lanjut menghapus file data pada aplikasi yang mengalami error tersebut. Namun, cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam aplikasi, termasuk pengaturan, item yang dibeli atau digunakan, dan beberapa data lainnya.

Aplikasi yang dihapus data akan kembali seperti pertama kali Anda menginstalnya di android. Untuk cara menghapus data aplikasi ini sendiri, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang mengalami error atau keluar sendiri.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Kemudian klik Hapus Data. Konfirmasi penghapusan data aplikasi dengan klik Oke.

4. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Mungkin saja aplikasi yang error dan keluar sendiri tersebut dikarenakan Anda masih menggunakan aplikasi versi lama. Untuk itu, Anda perlu memperbarui aplikasi ke versi terbaru agar masalah error pada aplikasi bisa teratasi.

Ada dua metode untuk mengupdate aplikasi ke versi terbaru, yakni dengan update lewat Google Playstore dan uninstal lalu instal ulang aplikasi. Anda bebas ingin menggunakan cara yang mana, keduanya sama saja.

5. Update Sistem Operasi Android

Selain update aplikasi ke versi terbaru, Anda juga perlu melakukan update OS Android atau firmware yang diberikan oleh setiap brand. Pada waktu tertentu biasanya setiap brand memberikan update OS atau firmware terbaru pada setiap HP besutannya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa HP, memperbaiki bug, dan juga menyematkan fitur terbaru di dalamnya.

Sebelumnya Anda bisa cek dulu apakah ada versi OS Android terbaru yang belum Anda pasang di perangat android. Untuk cara ceknya sendiri yakni bisa dengan masuk ke Pengaturan >> Update Perangkat Lunak >> Unduh dan Instal. Jika memang ada versi terbaru yang tersedia, maka Anda bisa langsung menginstalnya.

Itu tadi beberapa cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di HP android yang paling mudah dan praktis bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

You May Also Like